Sabtu, 28 Juli 2012

5 Pertempuran Samudera Terpopular di Dunia

Pertempuran maritim atau pertempuran laut adalah sebuah pertempuran yang berlangsung dengan menggunakan perahu, kapal atau kapal lainnya yang melalui air. Sebagian besar pertempuran laut telah terjadi di laut, tetapi beberapa telah terjadi pada danau atau sungai. Sebuah pertempuran yang menegangkan karena selain frontal, kedua belah pihak sulit untuk menghindari dan keluar dari medan perempuran yang berupa hamparan air laut. Berikut adalah 5 pertempuran samudera terpopuler di dunia:


1. Pertempuran Kapal Freedom Flotilla vs. Pasukan Israel
Serangan militer Israel atas Freedom Flotilla terjadi di atas perairan internasional di Laut Mediterania pada 31 Mei 2010, membunuh 9 warga Turki dan melukai sekitar 50 orang lainnya, yang menjadi penumpang dalam rombongan enam buah kapal. Mereka (pasukan Israel) menyerang kapal Freedom Flotilla sebelum kapal tersebut sampai di Gaza.

Pertempuran Kapal Freedom Flotilla vs. Pasukan Israel (sumber: mostinterestingfacts.com,uniknya.com)

2. Kekalahan Armada Laut Spanyol
Pertempuran ini terjadi pada 28 Juli 1588.Saat raja Kerajaan Spanyol yang beragama kristen katolik, King Phillip II, mengirimkan 30.000 armadanya untuk menyerang pasukan kerajaan Inggris, yang dipimpin oleh saudara perempuannya yang beragama kristen protestan, Queen Elizabet I. Apabila dilihat dari jumlah armada, pasukan Inggris dipastikan akan mengalami kekalahan telak. Namun, sangat disayangkan bagi pihak kerajaan Spanyol, ternyata pihak lawan dibantu oleh sepasukan yang tidak terlihat, yakni badai. Akibatnya banyak armada Spanyol yang hancur, karam, dihantam oleh badai saat bergerak menyerang armada Kerajaan Inggris di perairan Irlandia. 30.000 armada yang dikirim oleh King Phillip II, hanya 10.000 armada yang kembali ke Spanyol dengan selamat.

Kekalahan Armada Laut Spanyol (sumber: mostinterestingfacts.com)

3. Kapal Titanic vs  Gunung Es  (Tragedi Karamnya Kapal Titanic)
Pada 10 April 1912, Kapal besar Titanic melakukan sebuah perjalanan pertamanya dari Southhampton, Inggris, menuju Kota New York melalui Samudera Atlantis. Pada sat itu Kapal Titanic tercatat sebagai kapal uap terbesar dan berteknologi mutakhir di dunia. Pada awalnya perjalanan berjalan lancar, seakan tidak ada badai apapun yang mampu menghentikan laju kapal besar ini. Hingga pada saatnya kapal besar ini menabrak gunung es yang berada di lautan perairan samudera Atlantis, pada 14 April 1912 Titanic karam dan menewaskan 2.223 jiwa yang berada diatasnya.
Kapal Titanic vs Gunung Es (Tragedi Karamnya Kapal Titanic) (Sumber: mostinterestingfacts.com,uniknya.com)

4. Pertempuran Midway
Midway Atoll merupakan salah satu stasiun pengisian bahan bakar yang penting bagi pasukan Amerika Serikat, terletak di tengah Samudera Pasifik yang luas. Jepang sebagai lawan perang pada saat itu, mengetahui letak Midway Atoll yang strategis dan penting bagi Amerika Serikat. Sehingga setelah enam bulan sejak penyerangan Pearl Harbour,  pada bulan Juni 1944 Jepang mencoba merebut stasiun bahan bakar yang dijaga ketat oleh pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat.pertempuran itu terjadi selama empat hari, namun tidak seperti peristiwa Pearl Harbour sebelumnya, pasukan Amerika kini lebih siap. Pasukan Jepang gagal merebut pulau ini dan kehilangan sebanyak 4 kapal induk, kapal jelajah dan 2.000 jiwa anggota armada. Sementara di pihak Amerika, mereka kehilangan 300 prajurit, satu kapal induk dansatu kapal perusak.

Pertempuran Midway (sumber: mostinterestingfacts.com)


5. Peristiwa Teluk Tonkin
Pada 2 Agustus 1964, tiga buah torpedo milik tentara Vietnam menghantam kapal USS Maddox milik Amerika Serikat, diperairan Teluk Tonkin. Kejadian ini memicu pertempuran maritim antara angkatan laut Vietnam dan Amerika serikat. Dikarenakan kalah teknologi, maka pihak Vietnam mengalami kekalahan, empat orang prajurit tewas dan kapal rusak berat. Sementara pihak Amerika Serikat tidak mengalami kerusakan yang berarti. (**)

Peristiwa Teluk Tonkin (sumber: mostinterestingfacts.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar